Best Practice Penerapan Creating Shared Value di Industri Pelumas
Penulis: Fendy Eko Wahyudi Penerbit: Tigamedia Pratama Telah Terbit: 3 Desember 2024 ISBN: Sedang diajukan Laman: 272 Ukuran Buku: 15 x 21 cm Ukuran File: 10 MBDalam dunia bisnis yang semakin kompetitif dan penuh dengan tantangan, PT. Pertamina Lubricants tampil sebagai sebuah perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga berkomitmen pada pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan ini telah mengadopsi konsep ‘Creating Shared Value’ (CSV) sebagai landasan filosofis dan operasionalnya. Berbeda dengan pendekatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang lebih banyak bersifat donatif dan seringkali terpisah dari strategi bisnis utama, konsep CSV di PT. Pertamina Lubricants diintegrasikan langsung ke dalam kegiatan bisnisnya.
Mengaktualisasikan CSV berarti menciptakan nilai yang saling menguntungkan antara perusahaan dan semua pemangku kepentingan, termasuk masyarakat di sekitar lokasi operasional perusahaan.